Proyek Menara Lampu Galvalum Masjid Baitul Makmur

Proyek Menara Lampu Galvalum di Halaman Masjid Baitul Makmur GPA Malang.
Halaman Masjid Jamik Baitul Makmur yang luas membutuhkan penerangan yang lebih kuat untuk area parkir dalam rangka meningkatkan pelayanan pada jamaahnya. Untuk itu direncanakan membuat penerangan menggunakan bentuk menara sebagai tiangnya dan 3 buah lampu halogen. Material menara dipilih menggunakan baja ringan galvalum dengan pertimbangan ringan, kuat, minim perawatan, harga relatif lebih murah, waktu pengerjaan cepat dan tidak memerlukan pengecatan (baca : Keunggulan galvalum).



Panjang menara dibuat tinggi total 8 meter, dan yang akan tertanam sepanjang satu meter. Kami bersama tim dari Takmir masjid bekerjasama dalam pembuatannya, dan ini merupakan proyek sosial bagi kami semua.
Bentuk menara direncanakan segitiga sama sisi dengan panjang sisi atas menara 40 cm, dan sisi bawah 80 cm menggunakan canal C Kencana truss tebal 0,75.  Bagian atas menara kami disain lengan untuk memegang lampu halogen.
Kanal C tersebut kami sambung 2 meter untuk mencapai panjang total 8 meter, dan di box agar memperkuat terhadap gaya lendutan batang karena beban saat berdiri.
Juga kami buatkan segitiga dari siku, dimana sisi lebar kanal C menghadap kearah luar yang berfungsi sebagai penguat dan membentuk segitiga sama sisi. Kami buatkan 3 buah untuk posisi ujung atas menara, tengah menara dan 2 meter diatas tiang menara.
Untuk lengan lampu, kami gunakan siku besi dengan lengan atas 0,5 meter dan lengan bawah 0,9 meter membentuk sudut 90 derajat. Ujung lengan atas kami pasang tidak tegak lurus, tetapi sedikit menyudut untuk menambah kesan estetika. Sedikit berubah dari disain di atas.
Memasang penguat lengan lampu
Memasang penguat lengan lampu

Lengan lampu kami bungkus dengan Kanal C untuk menambah kekuatan beban puntir dan menambah kesan estetika/keindahan lampu.
Tampak pada gambar, posisi menara lampu Masjid Baitul Makmur sudah terpasang, memberi kesan kokoh, indah dan unik.
Menara Lampu Baja Ringan Galvalum terpasang
Posisi menara lampu di halaman
Selain bisa digunakan untuk menara lampu, maka Menara Lampu Galvalum juga bisa digunakan untuk keperluan lain, misalkan : corong suara/membran, untuk antena radio pemancar, ataupun kamera CCTV/observasi.

Demikian posting tentang Membuat Menara Lampu Galvalum, semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top